Mengenal Sosok Efi Nurul Utami, “ Nahkoda Baru” Nasyiatul ‘Aisyiyah Kabupaten Magelang

0
246

KELOMPOK perempuan selama ini selalu identik dan lebih sering dikaitkan dengan aktifitas rumah tangga semata. Bahkan dalam istilah jawa sering disebut “konco wingking” teman pelangkap yang selalu ditempatkan pada posisi belakang sehingga tidak pernah diberikan ruang untuk tampil di ruang publik. Ketika diberikan ruang dan kesempatan untuk proses aktualisasi diri sebenarnya perempuan mampu untuk menjalankan peran dan profesi yang ada di masyarakat.

Nahkoda baru Nasyiatul ‘Aisyiyah (NA) Kabupaten Magelang Efi Nurul Utami, S.Pd (34) memiliki harapan agar setiap perempuan baik yang tinggal di kota maupun desa diberikan kesempatan untuk tampil di ruang publik. Oleh karenanya perempuan perlu dibekali dengan keahlian dan pendidikan yang cukup serta memadai sebagai modal untuk aktualisasi diri dalam kehidupannya. NA sebagai Organisasi Otonom (Ortom) Muhammadiyah yang anggotanya terdiri dari kelompok perempuan muda merupakan potensi besar dan memiliki peran strategis untuk digerakkan dalam rangka meningkatkan kemampuan serta kompetensi perempuan.

Dalam wawancaranya pada Rabu (10/01/2018) di Sekretariat NA Jalan Magelang – Jogja Km 11 Mungkid Kabupaten Magelang, perempuan kelahiran Magelang 14 Maret 1983 yang juga alumnus Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta ini memiliki beberapa target antara lain perempuan khususnya anggota NA mampu memiliki keahlian sesuai dengan bakat dan minatnya masing-masing. Perempuan juga perlu memiliki bekal kesadaran dan pengetahuan agama yang cukup. Ketua terpilih NA tersebut juga menekankan bahwa perempuan juga perlu memiliki pengetahuan dan kemampuan dibidang advokasi, sehingga harapannya akan tumbuh kepekaan sosial sekaligus mampu menjadi pelopor pemberdayaan serta perubahan di lingkungannya masing-masing.

Ibu dari 3 (tiga) anak yakni Siva Aulia Khansa (10), Keenan Fatih Altair (4) dan Habibie Nazran Zavier (2) ini mengawali karir organisasinya dari Ketua Pimpinan Ranting NA Desa Paremono, kemudian Ketua Pimpinan Cabang NA Kecamatan Mungkid serta Sekretaris 1 Pimpinan Daerah NA Kabupaten Magelang.

Efi Nurul Utami menggantikan Ketua NA periode sebelumnya Icuk Salabiyati melalui musyawarah daerah di SMK Muhammadiyah 2 Muntilan beberapa waktu yang lalu . Selain Efi, ada 8 (delapan) formatur terpilih lainnya yakni Asma Hawartiyatun, Ari Isrohayati Mile, Ana Sri Rahayu dan Farida Susanti. Kemudian Uswatun Hasanah, Zumrotul Inayah, Husnun Niswah dan Amanah Nurul Khusna. Pelantikan Pimpinan Daerah (PD) Nasyiatul ‘Aisyiyah Kabupaten Magelang Periode Muktamar Ke 13 ini rencana akan dilaksanakan pada Ahad 14 Januari 2018 mendatang. (MPI PDM Kab Magelang)

 

TINGGALKAN KOMENTAR