Musyda Pemuda Muhammadiyah , Memantapkan Spirit Kader Menuju Tegal Berkemajuan

0
348

Hajat  besar akan di agendakan oleh Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Tegal yaitu penyelenggaraan Musyda XVII  pada 22-23 Juni 2019 di Kompleks SD Muhammadiyah Jatinegara Kabuapaten Tegal .  Pemuda Muhammadiyah untuk terus meneguhkan Ideologi , Memantapkan spirit Moral untuk terwujudnya Indonesia Berkemajuan.

Pemuda Muhammadiyah sebagai kader penerus Muhammadiyah di masa yang akan datang yang memiliki semangat dalam dakwah serta terus semangat berlomba-lomba kebaikan. Etos sebagai kader untuk memantapkan perjuangan dan arah pergerakkan dakwah pemuda Muhammadiyah.

Penyelenggaraan Musyawarah Daerah bagi keperluan internal Pemuda Muhammadiyah tetap memiliki makna strategis dengan dua dasar pertimbangan. Pertama, untuk proses penyegaran kepemimpinan; dan kedua, untuk penyusunan program kerja yang lebih realistik, baik untuk kepentingan kaum muda.

Sebuah program kerja yang realistis  bukanlah susunan daftar keinginan yang sulit diterjemahkan menjadi kenyataan, tetapi bahkan diperkirakan sebagian besar rencana kerja dilaksanakan dalam jangka waktu periode kepemimpinan secara terukur, dan berorientasi kepada kualitas (quality-oriented).

Dalam hal  ini momentum Musyawarah Daerah ke XVII  Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Tegal  bertepatan dengan usaha-usaha bangsa dalam memulihkan keterpurukannya dari berbagai krisis yang kondisinya sampai sekarang jauh dari keadaan normal.

Salah satu yang amat diperlukan untuk membangun masyarakat yang berperadaban adalah akhlak. Suatu masyarakat akan kokoh selama masyarakat itu menegakkan akhlak, dan bila akhlak anak bangsa rusak maka rusak-binasa pulalah bangsa ini. Dengan demikian membangun akhlak masyarakat merupakan sendi atau landasan ketahanan suatu bangsa dalam menghadapi dinamika perubahan.

Dalam perspektif gerakan (harakah, movement), suatu organisasi kepemudaan yangmenjunjung tinggi nilai-nilai akhlak, keadilan, persamaan, kejujuran, dan amanah akan melahirkan komitmen moral untuk mencerdaskan dan mencerahkan kehidupan umat.

Fokus gerakan Pemuda Muhammadiyah berada di pelataran kepemudaan dan kemasyarakatan, maka dengan peluang yang tersedia itu merupakan sumber energi yang sangat efektif untuk mempersiapkan kepemimpinan bangsa yang bermoral, religius sekaligus intelek, dapat memahami budaya Muhammadiyah sebagai gerakan dakwah Islam “al-amru bi-al ma’ruf wa an-nahyu ‘ani al-munkar”, dan selalu menjaga independensi atau kemandirian sebagai kader perjuangan Muhammadiyah. Oleh karena itu penguatan visi gerakan Pemuda Muhammadiyah menjadi sangat mendesak.

Akankah gerakan Pemuda Muhammadiyah terkontaminasi dalam godaan kepentingan politik praktis yang cenderung berpengaruh secara tidak signifikan dengan tujuan dan cita-cita gerakannya, yakni “Menghimpun, membina dan menggerakkan potensi Pemuda Islam serta meningkatkan perannya sebagai kader untuk mencapai tujuan Muhammadiyah”

Bertolak dari pemikiran-pemikiran di atas maka penguatan visi gerakan pemuda menjadi prasyarat penting bagi pembangunan masyarakat masa depan yang berperadaban.

Oleh karena Musyawarah Daerah Pimpinan Daearah Pemuda Muhammadiyah kabupaten Tegal  telah memilih tema yang sangat spesifik “ MEMANTAPKAN SPIRIT KADER MENUJU TEGAL BERKEMAJUAN “,

dirumuskan dalam program-program gerakan empat tahun ke depan dan pelaksanaannya menyesuaikan kemampuan.untuk meuwujudkan semua hal tersebut perlu dirumuskan dalam  Musyawarah tertinggi Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah melalui Musyawarah Daerah Ke XVII.

Gebyar Musyawarah Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Tegal. XVII