Gelar Darul Arqam, PK IMM Kasman Singodimedjo Tingkatkan Intelektual

0
117

PWMJATENG.COM, Klaten – Kamis (04 Januari 2018) pukul 13.00 WIB, PK IMM Kasman Singodimedjo FITK IAIN Surakarta dan PK IMM A.R Fachruddin Fakultas Syari’ah IAIN Surakarta Cabang Ahmad Dahlan Kota Surakarta melaksanakan Darul Arqam Dasar dari tanggal 04-07 Januari 2018 di Ds. Socokangsi, Kec. Jatinom, Kab. Klaten.

Sebelum Darul Arqam Dasar dimulai telah berlangsung Stadium General yang bertemakan Meningkatkan Intelektual Kader dengan Islam yang Berkemajuan, dengan pemateri H. Sholahuddin Sirizar, M.A (Dosen Fakultas Syari’ah IAIN Surakarta dan Direktur Pondok Pesantren Imam Syuhada) dan IMMawan Hussein Al Fattah (Dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Surakarta dan DPP IMM) di Balai Desa Socokangsi, Kec. Jatinom, Kab. Klaten yang di hadiri oleh 28 peserta Darul Arqam Dasar, Kapolsek Jatinom, Perangkat Desa dan PRM Socokangsi (Bapak Widodo) sekaligus membuka acara tersebut.

Stadium General tersebut cukup memantik peserta Darul Arqam Dasar karena kita sebagai kader muhammadiyah itu yang pertama, harus selalu berfikir sistematis, logis dan rasional. Kedua, memiliki totalitas jiwa yaitu di mana kita itu harus siap mewakafkan jiwa dan raga kita untuk menegakkan islam melalui persyarikatan muhammadiyah salah satunya di Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah dan siap mencurahkan sebagian besar waktu kita untuk kepentingan islam.

Dalam hal ini juga pemateri menyampaikan bahwa meningkatkan intelektual kader itu dengan sering membaca buku dan menerapkan Tajdid di mana tajdid ini ada dua macam yaitu tajdid di bidang ibadah (tajdidus salafi/ pemurnian yaitu kembali kepada Al Qur’an dan As Sunnah yang berasaskan taat kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala) dan selanjutnya yaitu Tajdidul Kholafi (pembaharuan di luar ibadah) yang termasuk di sini adalah mu’amalah maka di sini Muhammadiyah mengadakan inovasi-inovasi di bidang mu’amalah misalnya dalam sekolah dan bangunannya, Rumah Sakit dan lain sebagainya selanjutnya Dinamisasi maka di sini muhammadiyah juga mengikuti zamannya yang di mana juga tetap menjalankan ibadah kepada Allah, kemudian Modernisasi, modernisasi di sini yaitu dilakukan dengan cara yang benar dan positif,  serta membangun Islam yang Bermartabat dan Berkemajuan yang berasaskan memberi manfaat. Setelah Stadium General berlangsung kemudian 28 peserta DAD di serahkan kepada Perangkat Instruktur PC IMM Ahmad Dahlan Kota Surakarta untuk dibina supaya menjadi kader-kader yang progresif dan militan. (imm klaten)

TINGGALKAN KOMENTAR