Ekstra Science Club Ibnu Sina Asah Daya Inovasi Siswa

0
567

PURWOREJO – Sebagai salah satu ekstra kulikuler yang diselenggarakan di Sekolah Inovatif SMP Muhammadiyah Jono Bayan Purworejo, Science Club memberikan wadah kepada siswa untuk lebih aktif dalam menumbuhkembangkan minta dan bakat siswa terutama dalam bidang pengetahuan alam umumserta keterampilan ilmiah, Rabu (27/7/16).
Memasuki tahun ajaran 2016/2017 kegiatan ekstra kulikuler ini telah memulai rangkaian agenda yang telah tersusun selama 1 tahun ke depan. Agenda pertama dimulai dengan pengenalan dan workshop roket air kepada siswa yang mana keberadaan ini telah dilaksanakan sejak tahun lalu.
Pelatihan ini selain memberikan gembaran menyeluruh terkait apa itu roket air tetapi juga secara langsung memberikan workshop cara membuatnya. Roket air merupakan salah satu bentuk sederhana daripada penerapan hokum-hukum pada keilmuan alam seperti fisika dan matematika. Darinya dapat menjelaskan bagaimana hukum aksi-reaksi berproses, tekanan zat cair dan padat, hukum Archimedes dan masih banyak yang lainnya.
“Kami selenggarakan ekstra kulikuler Science Club ini sebagai salah satu program unggulan sekolah yang telah dimulai sejak tahun lalu. Adapun tujuannya mengembangkan minat bakat siswa dalam berekperimen secara ilmiah, mengasah daya inovasi dan kreativitas siswa, ajang penerapan teori-teori yang telah diajarkan di dalam kelas, dan juga menyiapkan guna mengikuti beberapa kompetisi yang akan diselenggarakan. Seperti kompetisi roket air yang mana tahun lalu telah berhasil mengharumkan nama sekolah dan Purworejo dengan menjuarai kompetisi roket air di tingkat Provinsi dan Nasional. Maka harapannya dapat lebih berkembang dan mempertahankan apa yang telah dicapai tersebut” ujar Akhmad Maulidin selaku pembimbing Sciene Club “Ibnu Sina” .
Selain adanya ekstra ini, sekolah mengembangkan kegiatan ekstra yang mendukung minat bakat siswa yaitu tahsin quran, tahfid quran, hizbul Wathan, Tapak Suci, math club, English club, jurnalistik, seni kaligrafi, bahasa arab, renang, tenis meja, badminton, catur, menggambar, TIK dan lainnya. Dengan ini sekolah ingin berusaha memfasilitasi siswa dalam bidang non akademik khusus agar dapat memaksimalkan potensi-potensi yang ada.
“Penyelenggaraan semua kegiatan sekolah memang diharapkan dapat saling berpadu mendukung visi misi dan tujuan sekolah seperti intra sekolah dan ekstra kulikuler yang telah diprogramkan. Sehingga antara teori di dalam kelas dan praktek melalui ektra kulikuler dapat saling mendukung. Selain itu juga memunculkan potensi-potensi siswa yang terpendam dimana perlu digali salah satu caranya dengan kegiatan ekstra kulikuler sesuai minat dan bakat masing-masing. Serta lebih jauh lagi dapat meningkatkan daya saing sekolah di dalam pendidikan lingkungan sekitar” ucap Suharti, S.Pd., MM.Pd. selaku Kepala Sekolah.
Harapan besar siswa-siswa tidak hanya mengembangkan kemampuan akademiknya saja tetapi non akademik seperti kegiatan intra dan ekstra kulikuler dapat turut serta diikuti. Jangka panjangnya akan terasa manfaatnya ketika telah menyelesaikan studinya kelak. Semoga dapat meniru tokoh ilmuwan islam yang digunakan sebagai nama Science Club ini yaitu Ibnu Sina dimana mempunyai banyak keilmuan yang dapat bagi umat di kemudian harinya. (Akhmad Musdani)

TINGGALKAN KOMENTAR