Berita

1500 Jamaah Haji Muhammadiyah penuhi Donohudan

PWMJATENG.COM – PWMJATENG, (24/03/19) – 1500 Jamaah calon haji dari berbagai wilayah di Jateng mengikuti kegiatan manasik haji yang diselenggarakan Lembaga Pembinaan dan Pengembangan KBIH (LPPKBIH) Muhammadiyah/Aisyiyah Jawa Tengah selama dua hari dari hari Sabtu dan Minggu di kompleks Asrama Haji Donohudan, Boyolali. Jamaah ini mendapatkan gemblengan secara fisik, mental dan tentunya pengetahuan-pengetahuan tentang rukun haji. Dengan memakai baju irham (kain/kerudung serba putih) jamaah didampingi instruktur/pembimbing menyelesaikan tahap demi tahap yakni, niat ihram, thawaf, sa’i, wukuf, tahalul, tertib.

Terdapat 14 KBIH yang mengikuti manasik haji bersama, yaitu Kab. Blora, Kab. Jepara, Kab. Rembang, Pati, Kudus, Kab. Boyolali, Kab. Demak, Salatiga, Kab. Grobogan, Kota Semarang, Kab. Semarang, Kab. Magelang, Karanganyar, dan Sragen.

Ketua LPPKBIH Muhammadiyah/Aisyiyah Jateng, Muhtar Hadi menjelaskan, ada sejumlah aspek-aspek yang dikembangkan dalam kegiatan manasik haji ini.

“Bagi para pembimbing haji, manasik haji ini sebagai sarana untuk memperkuat koordinasi sebelum dan selama pelaksanaan haji. Bagi calon haji, manasik ini sangat diperlukan sebagai bekal dan pengetahuan sebelum menghadapi musim haji mendatang”.

“Jadi ada dua hal penting yang akan diambil hikmahnya dalam manasik ini, yakni tentang kualitas pelayanan (LPPKBIH Muhammadiyah/Aisyiyah Jateng) kepada jamaah. Untuk internalnya, organisasi dan koordinasi pembimbing agar terus membaik,” terangnya.

Lebih lanjut Muhtar Hadi mengungkapkan, manasik haji kali ini menjadi spesial karena pihaknya memanfaatkan momentum ini untuk memperkuat variasi metodologi manasik haji. Unsur-unsur organisasi antara calon haji dan pembimbing haji dalam proses manasik. Lalu pelayanan selama manasik yang lebih baik inilah yang akan dikembangkan terus.

“Kami sedang mengembangkan variasi metodologi manasik. Nah, saat ini kami bareng bareng lebih bersemangat. Untuk hari ini (Sabtu kemarin), baru separuh jamaah yang hadir,” imbuhnya. (Rd)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE